Ragam Makanan Ringan Khas Kota Purwokerto

kumpulanmakanandunia - Purwokerto merupakan kota yang berada di Jawa Tengah yang memiliki berbagai julukan seperti kota wisata, kota transit, kota keripik, dan kota pendidikan. Ternyata, siapa sangka jika kota Purwokerto ini memiliki banyak makanan ringan yang harus kamu coba ketika berkunjung di sini.

Bagi kamu yang sedang berlibur ke kota Purwokerto bersama keluarga atau teman-temanmu, jangan lewatkan kuliner-kuliner khas asal Purwokerto. Apa saja makanan ringan khas Purwokerto yang harus kamu coba? Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai makanan ringan khas kota purwokerto :

➢ 1. Mendoan

5 Resep dan cara membuat tempe mendoan, enak dan gurih

Kota Purwokerto sangat terkenal dengan mendoannya. Mendoan merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang dipotong tipis-tipis dan dibalut dengan adonan tepung. Makanan ini dimasak setengah matang dan sangat enak dinikmati selagi masih panas dengan cabe rawit dan kecap.

Mendoan dapat dengan mudah kamu jumpai dari warung-warung tradisional di dalam kota Purwokerto. Untuk satu mendoannya, harganya berkisar antara Rp1.000,- sampai dengan Rp2.500,-. Kamu juga bisa membeli mendoan mentah di pusat makanan ringan Purwokerto untuk dibawa pulang agar kamu bisa memasaknya di rumah.

➢ 2. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja yang Gurih dan Segar Halaman 1 - Kompasiana.com

Soto Sokaraja memiliki kuah yang bercita rasa khas yakni terbuat dari kaldu daging sapi ditambah cita rasa kacang. Soto ini biasa disajikan dengan berbagai kerupuk seperti kerupuk mie kuning dan kerupuk merah. Uniknya dibandingkan dengan soto-soto lainnya adalah soto ini sudah langsung disajikan dengan potongan ketupat di dalamnya.

Satu porsi soto sokaraja di Purwokerto ini bisa kamu dapatkan dengan harga hanya Rp15.000,-. Harga yang tergolong murah bukan? Jika kamu mengunjungi Purwokerto, jangan lewatkan untuk makan soto ini.

➢ 3. Gethuk Goreng

Getuk Goreng ASLI sokaraja – M-Griya Purwokerto

Gethuk goreng terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon yang diolah dengan gula jawa. Makanan ini berwarna coklat, memiliki cita rasa manis, dan empuk ketika disantap. Gethuk goreng dapat dengan mudah kamu temui di toko-toko sepanjang pinggir jalan yang berpusat di Kecamatan Sokaraja, sebuah kota kecamatan di pinggir kota Purwokerto.

➢ 4. Keripik Tempe

Purwokerto juga memiliki julukan sebagai kota keripik. Hal ini karena di setiap pusat makanan ringan di sepanjang jalan kota Purwokerto, pasti banyak juga yang menjual keripik khas Purwokerto yakni keripik tempe. Keripik tempe bahan dasarnya sama dengan mendoan hanya saja yang membedakannya adalah keripik tempe digoreng sampai kering. Keripik tempe ini sangat renyah dan nikmat untuk dijadikan cemilan. Dijamin rasanya gurih dan tahan lama.

➢ 5. Klanting

Klanting merupakan camilan makanan ringan yang terbuat dari tepung berbumbu yang digoreng dan dibentuk seperti cincin, ada juga yang berbentuk seperti angka delapan. Bahan dasar pembuatan dari makanan ini adalah singkong alias ketela pohon. Rasanya gurih dan sangat renyah ketika dimakan.

➢ 6. Nopia

Nopia merupakan jajanan yang berbentuk bulat seperti telur dan berwarna putih. Makanan ini terbuat dari tepung terigu yang dibuat dengan cara menempelkan di tungku khusus dalam suhu yang panas. Nopia memiliki berbagai varian rasa seperti gula jawa, coklat, bawang, pandan, durian, stroberi, dan sebagainya. Versi mini dari nopia adalah mino.

➢ 7. Kraca

Kraca atau yang biasa dikenal dengan nama keong kuah pedas merupakan makanan yang terbuat dari keong kecil . Makanan ini disajikan dengan kuahnya yang gurih dan lezat yang terbuat dari campuran garam, pala, merica, bumbu bawang, lada, dan bumbu lainnya. Makanan ini sangat mudah ditemukan di pinggir jalan kota Purwokerto ketika menjelang malam. Makanan ini juga amat populer bagi masyarakat Purwokerto ketika bulan puasa.

➢ 8. Kluban

Kluban merupakan maknan khas Purwokerto dan Banyumas yang terbuat dari sayur yang terdiri atas kangkung, bayam, kacang panjang, kecambah, dan kol. Sekilas, makanan ini tampak seperti salad, namun yang membedakannya adalah makanan ini dimasak dengan cara direbus kemudian dikombinasikan dengan kelapa yang diparut dan dibumbui lalu diberi sambal.

➢ 9. Tegean

Tegean merupakan sup sayur berkuah bening khas Purwokerto, Banyumas yang lezat. Makanan ini memang tampak sangat sederhana namun begitu nikmat dan segar ketika disantap. Makanan ini terbuat dari bayam, daun katuk, kecambah, kedelai hitam, wortel, jagung dengan bumbunya yang gurih yang terbuat dari racikan bahan dari bawang merah putih dicampur dengan daging sapi ataupun ayam dan jagung

➢ 10. Cenil

Cenil merupakan jajanan khas Purwokerto yang memiliki warna yang beragam. Makanan ini begitu kenyal dengan ciri khasnya yang berwarna-warni. Bahan dasar dari jajanan ini adalah singkong, tepung kanji, daun pandan, dan parutan kelapa. Jajanan sejenis lain dari cenil dari Purwokerto yang tak kalah enak adalah lupis dan ciwel.

➢ 11. Combro

Di Purwokerto kalian juga bisa dengan mudah menemukan makanan combro versi Purwokerto. Makanan ini berbentuk bulat lonjong dan terbuat dari singkong yang diparut lalu dihilangkan kandungan air di dalamnya. Isi dari makanan ini adalah sambal oncom yang gurih dan pedas.

➢ 12. Buntil

Buntil merupakan makanan tradisional khas Purwokerto, Banyumas yang terbuat dari daun singkong, daun talas, ataupun daun pepaya.Makanan ini dibuat dengan cara diberi parutan kelapa muda. Cara memasaknya pun cukup unik yakni dengan digulung dan diikat kemudian dikukus sampai matang. Buntil begitu lezat dengan disajikan kuah santan kental bumbu gurih nan pedas.

➢ 13. Badeg

Badeg atau bagi masyarakat Purwokerto yang menyebutnya wedhang badhegmerupakan minuman berasal dari sari bunga kelapa yang difermentasikan dengan cita rasa dan aroma yang khas. Minuman ini terbuat dari bahan dasar bunga pohon kelapa ataupun pohon aren.

Untuk memperoleh air bunga kelapa atau aren ini harus dilakukan dengan cara disadap dengan menggunakan bambu. Air hasil sadapan ini pun lalu harus disuling terlebih dahulu untuk bisa diminum. Pastinya, minuman badeg ini begitu menyegarkan tatkala diminum.

➢ 14. Lumpia Boom

Tidak seperti lumpia pada umumnya, lumpia boom memiliki keunikan tersendiri yakni ukuran yang jumbo dan isinya yang banyak. Adapun di dalam lumpia boom ini adalah berbagai sayuran, telur, dan isi dengan berbagai varian rasa yang bermacam-macam seperti daging ayam, sapi, bakso, sosis, nugget, ati, jamur, udang, cumi, sampai dengan keju. Lumpia boom biasa disajikan sebagai lauk dengan kriuk kremes, nasi, lalapan, dan sambal.