Ragam Makanan Khas Kota Lombok

kumpulanmakanandunia - Apa yang terlintas dipikiran anda, ketika mendengar kata pulau lombok? Sebuah pulau yang dikelilingi pantai yang indah dan terletak dekat pulau bali. Keindahan alam lombok memang sangat memukau. Dikelilingi tiga pulau kecil yaitu gili meno, gili trawangan dan gili air. Dalam bahasa sasak gili berarti pulau. Lalu di pulau lombok juga terdapat salah satu gunung tertinggi di indonesia yaitu gunung rinjani. Keindahan alam inilah yang membuat lombok menjadi destinasi wisata popular di indonesia. Apalagi makanan ringan khas lombok sangat bervariasi dan enak-enak. Membuat wisatawan ingin berbelanja dan menikmati keindahan alamnya. Lombok terkenal dengan mutiara, tenun dan berbagai makanan ringan khas lainnya.

Dulu lombok hanyalah pulau yang dihuni para nelayan dari bugis dan bajau. Selain itu ada penduduk dari sulawesi selatan dan suku perantau lainnya. Hampir 80% penduduknya berasal dari nelayan bajau dan bugis. Sisanya berasal dari suku sasak (suku asli lombok). Perkembangan zaman membuat banyak orang tahu keindahan lombok dan membuatnya menjadi tempat wisata popular. Walaupun sudah dikenal sampai mancanegara, masyarakat lombok menjaga keindahan alamnya dengan baik. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai makanan khas dari kota lombok :

➢ 1. Dodol Rumput Laut Lombok

Jual DODOL RUMPUT LAUT - Kota Mataram - Andven Shop | Tokopedia

makanan ringan Khas Lombok yang pertama adalah dodol. Dodol banyak ditemukan di garut atau betawi, saat ada acara adat. Terbuat dari kelapa dan gula jawa. Di lombok, anda bisa menemukan dodol yang berbeda daripada lainnya. Dodol khas lombok terbuat dari bahan dasar rumput laut. Memiliki tekstur yang kenyal, unik manis dan enak. Dodol rumput laut khas lombok memiliki banyak varian rasa. Ada yang rasa buah dan sayur, anda bisa memilih sesuka hati. Dodol rumput laut khas lombok ini tidak berwarna cokelat seperti dodol pada umumnya. Tetapi memiliki warna yang warna-warni, sesuai dengan rasa dari dodol tersebut.ada yang warna merah, hijau, kuning dan lainnya. Membuat kita semakin tergoda untuk mencicipinya. Katanya dodol rumput laut, tidak hanya enak dikonsumsi. Tetapi memberikan manfaat yang banyak. Seperti anti bakteri, mengurangi berat badan dan menghilangkan racun di dalam tubuh.

Tentunya dodol sebagai makanan ringan Khas Lombok ini sedikit beda dengan lombok di garut atau betawi. Terbuat dari bahan dasar tepung rumput laut. Yang dicampur dengan sayuran dan buah yang segar. Rasa manisnya lebih alami, tidak mengandung gula terlalu banyak. Bagi penderita diabetes, aman untuk mengkonsumsinya. Apalagi dodol rumput laut mengandung serat tinggi. Dibungkus dengan toples mika, keranjang bambu atau kotak kertas.. Harganya mulai Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per 200 gramnya. Untuk kemasan bambu yang besar, harganya bisa mencapai Rp 150.000. Jika ingin mencoba semua rasa, lebih baik memilih paket dodol rumput laut dengan kemasan bambu yang cantik.

➢ 2. Madu Sumbawa Lombok

Madu Sumbawa, Oleh-Oleh Khas Pulau Lombok – LINTASNTB

Setelah dodol kini makanan ringan Khas Lombok yang selanjutnya adalah madu sumbawa. Sumbawa NTB terkenal sebagai penghasil madu putih. Tetapi anda tidak hanya menemukan produk tersebut di sumbawa saja. Beberapa tempat di mataram, banyak yang menjual produk ini. Jadi saat berlibur di lombok, anda masih tetap bisa menemukannya. Madu sumbawa berbeda dengan madu pada umumnya. Biasanya madu berwarna cokelat keemasan, tetapi madu sumbawa berwarna putih. Karena sudah melalui proses yang panjang. Jika anda suka dengan madu cokelat, madu sumbawa juga menyediakannya. Inilah yang membuat madu sumbawa spesial di mata para wisatawan sehingga layak untuk dibawa sebagai makanan ringan Khas Lombok.

Madu sumbawa berasal dari lembah yang khas. Memuat rasanya manis dan enak. Ada madu yang diambil dari hutan, untuk jenis ini memiliki harga lebih mahal. Karena kualitasnya lebih bagus. Harga jual perbotolnya sekitar Rp 75.000 untuk 450 ml madu. Jika anda berasal dari luar kota, tak perlu khawatir. Karena penjual akan membungkus madu sumbawa dengan sebaik mungkin. Sehingga tidak mudah pecah, walaupun dibawa ke luar kota sebagai makanan ringan khas Lombok. Rasa manisnya begitu enak, membuat ketagihan terus menerus. Selain itu madu putih memiliki manfaat banyak sekali untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk membelinya, bisa di montong gamang kopang lombok tengah.

➢ 3. Tuak Manis Lombok

Mungkin anda berpikir tuak adalah minuman yang memabukkan. Tetapi makanan ringan Khas Lombok satu ini tidak memabukkan tetapi menyegarkan. Minuman ini bisa ditemukan di pinggir jalan, ditempatkan di botol air minum mineral. Tuak manis terbuat dari buah beluluk (nira). Buah ini memiliki rasa manis, jadi tidak perlu ditambah gula sama sekali. Buah nira diambil airnya kemudian diproses sedemikian rupa, sehingga menghasilkan tuak manis, Tuak manis harus disimpan dalam keadaan dingin, supaya tidak cepat basi. Jadi setelah membelinya, anda harus langsung meminumnya. Minuman ini tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama,

Di lombok Tuak manis sering dikonsumsi saat buka puasa, karena memiliki rasa yang manis dan segar. Bisa menggantikan tenaga yang hilang. Minuman ini mudah ditemukan di jalan bilasundung, desa bilasundung, kecamatan masbagik, kabupaten lombok timur. Selain itu anda bisa membelinya di pancor, kecamatan selong, lombok timur sebagai makanan ringan khas Lombok. Harganya sangat murah, sekitar Rp 5000 per botolnya. Saat berjalan-jalan di lombok dan melihat penjual tuak manis di pinggir jalan, jangan lupa untuk membelinya. Bisa menjadi pelepas dahaga panasnya pulau lombok atau dinikmati di pinggir pantai sambil melihat keindahan matahari terbenam.

➢ 4. Telur Asin Bakar

Yang memiliki makanan ringan telur asin tidak hanya brebes, tetapi lombok juga memiliki makanan ringan khas lombok yaitu telur asin bakar. Makanan ini dikenal oleh penduduk lombok sekitar tahun 2012. Produk ini dihasilkan oleh masyarakat dusun gubuk baru, desa terara, kabupaten lombok timur. Terbuat dari telur bebek, tetapi diproses dengan cara dibakar. Rasanya tidak seasin telur asin pada umumnya. Jadi lebih enak di makan, selain itu terdapat aroma asap yang membuat aromanya semakin menggugah selera. Namun apabila anda berada di daerah sunda, tampaknya cukup mudah menemukan makanan khas sunda berupa telur asin ini, perlu di ketahui telur asin yang berada di sunda ini berbeda dengan telur asin khas lombok.

Telur asin bakar bisa tahan lama, jadi cocok makanan ringan Khas Lombok untuk keluarga di rumah. Harga perbuahnya sekitar Rp 5.000. Dibungkus dengan pembungkus yang sangat cantik. Untuk mendapatkannya anda bisa datang ke toko amelia, jalan saleh sungkar ruko graha kebo talo bintaro, ampenan, kota mataram, lombok. Telur asin yang dijual sudah matang, jadi bisa langsung di makan. Proses pembakarannya ditambah dengan bumbu-bumbu rahasia, sehingga memberikan kekhasan di telurnya. Bumbu bisa meresap dengan baik ke dalam telur. Paling enak di makan dengan sayur atau rawon. Rumah makan di lombok, pun sudah banyak yang menyediakan hidangan telur asin bakar ini.

➢ 5. Susu Kuda Liar Lombok

Siapa yang tidak kenal makanan ringan khas lombok satu ini. Susu kuda liar ini berasal dari kuda-kuda sumbawa yang terkenal dengan khasiatnya. Di percaya mampu mengatasi berbagai penyakit, seperti paru-paru basah, leukimia, kanker, tipes, bronkitis dan masih banyak lainnya. Khasiat susu kuda liar ini, sudah dilakukan penelitian di jerman. Kandungan di dalam susu kuda liar terbukti ampuh menyembuhkan radang usus. Produk ini memang sangat laris di pasaran. Hampir semua orang yang berkunjung ke sumbawa dan lombok, pasti ingin mencicipinya. Susu kuda liar memiliki rasa yang gurih,tidak bikin enek seperti susu sapi atau kambing. Hal ini dikarenakan kandungan gulanya lebih tinggi

Salah satu desa penghasil susu kuda liar adalah desa saneo, kecamatan woja, kabupaten dompu. Harga susu liar memang cukup mahal. Sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 per botolnya. Untuk mendapatkan susu ini memang cukup sulit. Karena pekerja harus pergi ke hutan, memanggil kuda liar. Mereka tidak berada di kandang, tetapi dibiarkan liar di hutan. Di mataram sudah banyak toko yang menjualnya, jadi anda tidak perlu ke desa saneo yang jaraknya jauh dari kota. Tetapi bila ingin menikmati susu masih segar, bisa datang ke desa saneo. Membutuhkan waktu 10 jam dari kota mataram. Saat ini banyak susu kuda liar yang diolah menjadi berbagai jenis makanan. Seperti permen susu, kue dan makanan ringan lainnya. Bisa dijadikan alternatif makanan ringan Khas Lombok untuk keluarga di rumah.

➢ 6. Terasi Lombok

Ibu-ibu pasti langsung suka bila mendengar kata terasi. Apalagi keluarganya suka makan sambal. Salah satu makanan ringan Khas Lombok yang bisa anda beli adalah terasi. Terasi lokal ini terkenal dengan rasanya yang sangat enak. Jika dibuat sambal rasanya lebih harum dan nikmat. Untuk mendapatkannya memang mudah, tetapi tidak semua toko menjual terasi yang enak. Jika anda pergi ke pasar tradisional lombok, pasti bisa langsung memperolehnya dengan harga lebih murah. Misalnya di pasar kamis di desa sukarara lombok tengah.seperti namanya, pasar itu hanya buka di hari kamis saja.

Kelezatan terasi lombok memang tiada duanya. Apalagi banyak masakan lombok yang menggunakan bahan dasar terasi. Ada beberapa jenis terasi yang bisa anda coba. Seperti terasi jerowaru, lengkare dan beroq. Setiap jenisnya memiliki tekstur yang berbeda-beda. Untuk beroq misalnya, memiliki rasa yang lebih pahit dibandingkan jerowaru dan lengkare. Selain itu harganya pun lebih murah. Terasi jerawu memiliki aroma yang lebih lembut dan manis. Harganya paling mahal dibandingkan jenis terasi lainnya. Untuk terasi lengkare memiliki warna kemerahan dan sedikit ada rasa manisnya. Terasi lombok sangat enak dibuat pelcing, sambal, rujak dan lainnya. Karena terbuat dari udang rebon yang berkualitas. Jika dibawa perjalanan jarak jauh sebagai makanan ringan Khas Lombok, mintalah dibungkus dengan baik. Supaya baunya tidak menyebar kemana-mana.

➢ 7. Kopi Prabe Lombok

Bagi yang suka kopi tentu makanan ringan Khas Lombok satu ini bisa menjadi hadiah untuk keluarga dirumah. Kopi termasuk komoditas terbesar di indonesia. Di setiap daerah memiliki ciri khas kopi tersendiri. Termasuk lombok yang memiliki kekhasan produk kopinya. Salah satu kopi yang paling terkenal dari lombok adalah kopi prabe. Kopi ini berasal dari dusun prabe. Kopi yang memiliki aroma sangat kuat, harum, dan memiliki rasa manis pahit yang pas di lidah. Bagi pecinta kopi, pasti akan sangat menikmatinya. Ampasnya pun tidak begitu banyak, ini membuktikan bahwa kopi prabe memang murni tanpa campuran apapun. Proses pembuatannya masih tradisional, membuat aroma kopi prabe ini begitu khas.

Dusun prabe terletak di desa batu mekar, kecamatan lingsar, kabupaten lombok barat NTB. Lokasinya berada di dataran tinggi, sehingga pohon kopi bisa tumbuh dengan baik. Dari kota mataram harus menempuh perjalanan 30 menit. Kopi ini memang sangat khas, hampir semua masyarakatnya selalu menghidangkan kopi ini ke tamunya, saat ada acara tertentu, juga dihidangkan. Tapi kini ada beberapa coffe shop yang menjualnya, sehingga untuk mencari makanan ringan Khas Lombok anda lebih mudah mencarinya tidak perlu jauh-jauh ke desa prabe. Di kota mataram banyak warung-warung yang menjual kopi prabe ini. Selain menikmati langsung di warung kopi, anda bisa membawa pulang kopi khas lombok ini. Bisa membawa yang sudah menjadi bubuk atau butiran kopi utuh. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 50.000.