Kuliner Unik Cungkring Khas Bogor

kumpulanmakanandunia - Wisata kuliner di kota Bogor seakan tidak ada habisnya. Jika Anda tertarik untuk menikmati kuliner khas Bogor, Cungkring adalah salah satu makanan yang harus Anda coba. Anda bisa menemui penjaja Cungkring di salah satu sudut Jl. Suryakencana, tepat di perempatan dengan Gang Aut, sebuah titik yang juga menjadi salah satu pusat kulinter tradisional di Bogor dengan banyaknya aneka pedagang makanan di area ini.

Kuliner Unik Cungkring Khas Bogor

Mungkin nama “Cungkring” terdengar asing bagi sebagian orang, atau di sebagian masyarakat sunda ini lebih dikenal sebagai sebutan bagi orang yang berbadan kurus. Meski namanya sering diartikan orang sebagai kurus kering, makanan ini sama sekali tidak mencerminkan anggapan orang tentang istilah Cungkring yang biasa mereka ketahui. Berbahan dasar kulit, kikil dan daging sapi, hidangan ini dijajakan menggunakan panggulan.

Potongan kikil sapi yang telah dibumbu kuning sebelumnya diiris-iris, dan dituang ke dalam “pincuk” dari kertas yang sudah beralas daun pisang. Potongan kikil ini ditemani juga dengan tempe tipis yang digoreng dengan tepung kering dan juga potongan lontong beras. Cungkring ini juga bisa disantap dengan nasi ketan putih bercampur kelapa parut. Kesemuanya itu kemudian diguyur dengan bumbu kacang yang manis dan sedikit kecap dan sambal. Gurih dan manis berpadu cantik menjadi satu dalam satu sajian ini.

Cungkring sudah menjadi bagian dari kuliner Bogor sejak tahun 1960-an. Usia kuliner yang cukup lama ini tidak menyurutkan atau membuat bosan para pelanggannya. Terbukti, setiap paginya penjual Cungkring yang masih menggunakan gendongan ini kerap dirubung oleh para pelanggan yang ingin sarapan dengan sajian yang unik ini. Cungkring di Jl Suryakencana ini memang hanya dijual pagi hari, mulai pukul setengah tujuh sampai sekitar pukul 10 pagi saja.

Kuliner Cungkring sangat nikmat jika disantap saat masih hangat. Kenyalnya Cungkring menciptakan sensasi tersendiri saat dikunyah dan pastinya dapat membuat anda ketagihan. Satu porsi Cungkring dijual Rp 15.000, lengkap dengan lontong, dua keripik tempe, dan dua potong bagian kaki sapi. Tidak sulit untuk menjangkau kawasan ini. Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan angkutan kota ataupun taksi.