Ragam Makanan Khas Kota Banjarmasin

kumpulanmakanandunia - Banjarmasin merupakan ibukota Kalimantan Selatan. Kota ini merupakan salah satu kota yang populer dengan sebutan Kota Seribu Sungai. Kota yang dikelilingi oleh sungai ini merupakan salah satu kota yang cukup maju di wilayah Kalimantan Selatan. Kota ini dikelilingi oleh aliran sungai Barito yang cukup panjang. Sungai Barito sendiri menjadi sungai yang mendorong roda perokonomian kota Banjarmasin.

Apabila kamu sedang berada di Banjarmasin untuk berbagai urusan, jangan sampai beranjak dari Banjarmasin dengan tangan kosong. Ada berbagai pilihan oleh oleh dan makanan khas Banjarmasin yang perlu kamu beli sebagai hadiah untuk orang-orang terdekat. Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai makanan khas dari kota banjarmasin :

➢ 1. Dodol Kandangan

Ketupat dan dodol khas Kandangan

Dodol merupakan makanan yang sudah sangat populer di Garut. Namun bukan hanya di Garut saja bisa ditemukan dodol. Di Banjarmasin, kamu juga bisa menemukan dodol dengan rasa yang nikmat dan begitu legit. Dodol khas Banjarmasin terbuat dari bahan pilihan seperti gula, tepung ketan, dan juga bahan lain yang bermutu tinggi, sehingga aman dikonsumsi.

Oleh oleh khas Banjarmasin makanan berupa dodol ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan 9000 saja, kamu bisa beli dan pilih aneka varian rasa dari dodol kandangan. Kamu bisa pilih rasa kelapa muda, rasa wijen, dan wajik. Wajik sendiri adalah sebutan untuk beras ketan. Buah tangan khas Banjarmasin ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk orang terdekat.

➢ 2. Rabuk Ikan

Resep Rabuk Ikan Layang oleh Icha Higashikuni - Cookpad

Rabuk ikan mungkin sulit kamu terima maksudnya. Namun saat kamu berjumpa dengan makanan ini, maka kamu akan langsung menyukainya. Rabuk adalah sebutan untuk abon. Rabuk ikan ini terbuat dari ikan haruan yang populer di Banjarmasin. Ikan ini hanya ada di aliran sungai Barito. Rabuk yang terbuat dari ikan haruan ini memiliki rasa dan aroma yang khas serta unik.

Ikan haruan yang notabene merupakan ikan yang beracun, namun di tangan para produsen dan pengrajin, ikan ini disulap menjadi rabuk ikan yang memiliki rasa yang sangat lezat. Kurang lengkap rasanya jika kamu tidak membawa rabuk ikan ini sebagai oleh oleh khas Banjarmasin Kalsel untuk keluarga terdekat kamu di rumah.

➢ 3. Amplang Ikan

Jika di Balikpapan ada amplang, di Banjarmasin juga bisa ditemukan amplang. Amplang ikan yang ada di Banjarmasin ini terbuat dari ikan pipih yang memiliki rasa luar biasa. Selain itu, bisa juga kamu jumpai amplang ikan yang terbuat dari ikan tengiri. Jenis ikan ini dipilih karena memiliki rasa gurih yang cukup enak untuk dijadikan camilan.

Jika kamu mau membeli amplang ikan sebagai oleh oleh khas Banjarmasin untuk keluarga di rumah, kamu bisa dengan mudah menemukan toko yang menjual amplang ini di sekitar kota Banjarmasin. Amplang ini ada di seluruh penjuru kota Banjarmasin. Harganya yang cukup terjangkau membuat kamu wajib membawanya sebagai oleh oleh saat kamu mampir di Banjarmasin.

➢ 4. Ikan Seluang Goreng

Ikan seluang merupakan salah satu jenis ikan yang sangat mudah untuk kamu jumpai di aliran sungai di sekitar Asia Tenggara. Ikan ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Ukurannya hanya sekitar 2 sampai 4 inchi saja membuat ikan ini mudah untuk diolah dan digemari. Ikan ini memiliki rasa yang gurih. Di tangan warga Banjarrmasin, ikan ini dibuat menjadi camilan istimewa.

Ikan seluang ini biasanya digoreng hingga kering sehingga membuat ikan ini memiliki tekstur renyah dan juga rasa yang sangat gurih. Kelezatan ikan ini bisa kamu nikmati kapan saja. Sebab penjualnya menjual ikan ini dalam kemasan plastik yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Kemasan kedap udara dari plastiknya membuat ikan seluang goreng ini menjadi panganan yang awet.

➢ 5. Ikan Sepat Kering

Ikan sepat merupakan spesies ikan yang memiliki ukuran sangat kecil. Bentuk tubuhnya yang pipih membuat ikan ini sangat lezat. Ikan yang memiliki ukuran sekitar 25 cm ini masih satu kerabat dengan ikan gurami. Sebagai ikan tambak, ikan ini mudah dijumpai di kota Banjarmasin. Ikan ini memiliki tekstur daging yang sangat lembut.

Ikan ini bisa digoreng langsung tanpa diberi bumbu. Namun tidak jarang ikan ini diberi bumbu terlebih dahulu sebelum di goreng. Ikan ini diberi bumbu rempah yang sangat khas. Sehingga dengan bumbu rempah yang cukup kuat membuat rasa ikan goreng ini menjadi istimewa. Selain itu, ikan ini dikemas dalam kemasan khusus yang kedap udara yang awet dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Banjarmasin.

➢ 6. Kue Rangai

Oleh oleh khas kota Banjarmasin satu ini bernama kue rangai. Kue oleh oleh khas Banjarmasin ini sebenarnya lebih dikenal orang dengan istilah kue sagon. Kue ini bisa dengan mudah kamu jumpai saat momen lebaran. Kue yang memiliki rasa gurih dengan tekstur yang lembut dan kering ini bisa menggoyang mulut dan membuat lidahmu ketagihan.

Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diberi bumbu istimewa. Kue kering yang satu ini dipanggang hingga kering sehingga menghasilkan tekstur yang kering di luar namun lumer saat sudah masuk ke mulut. Rasa manis gurih yang ada pada kue ini sangat membuat kamu ketagihan. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa rempah yang cukup kuat.

➢ 7. Keropok Haji Acan

Kerupuk memang sudah menjadi makanan yang cukup populer sebagai camilan enak saat sedang santai. Kerupuk yang biasanya memiliki aroma udang maupun aroma agen joker123 terbaru , pada kerupuk ini aroma terasi akan kamu jumpai ketika kamu memakan kerupuk ini. Selain itu tekstur dari kerupuk yang renyah membuat kamu ketagihan untuk terus menikmatinya.

Bagi kamu yang berkunjung ke Banjarmasin, kamu bisa membeli oleh oleh khas Banjarmaisn bernama Keropok Haji Acan. Kerupuk Haji Acan mempunyai aroma terasi yang kuat. Kerenyahan dan juga gurih dari keropok ini membuat pembeli ingin merasakan kenikmatan menyantap makanan lezat ini sebagai kudapan saat sedang bersantai bersama keluarga.